Senin, Pertamina Gelar RUPSLB untuk Angkat Ahok jadi Komisaris Utama

Senin, Pertamina Gelar RUPSLB untuk Angkat Ahok jadi Komisaris Utama
Arya Sinulingga. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditunjuk Presiden Jokowi sebagai komisaris utama (komut) PT Pertamina.

PT Pertamina (Persero) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa atau RUPSLB untuk mengangkat Ahok sebagai komisaris utama dan Budi Gunadi Sadikin sebagai wakil komisaris utama pada Senin (25/11).

"RUPSLB Pertamina akan dilakukan pada Senin (25/11/2019)," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Jumat.

Dijelaskan Arya, RUPSLB tersebut untuk mengangkat dewan komisaris dan dewan direksi Pertamina baru, berdasar persetujuan Presiden Jokowi.

"Dalam Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2014, jelas disebutkan bahwa kalau untuk dewan komisaris dan dewan direksi perusahaan BUMN yang strategis harus meminta persetujuan dari presiden," katanya.

Menteri BUMN Erick Thohir, lanjutnya, telah mengusulkan nama-nama tersebut kepada Presiden Joko Widodo dan Presiden kemudian telah mengeluarkan suratnya yang menyetujui susunan dewan komisaris dan dewan direksi yang diusulkan Menteri BUMN.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Erick Thohir menyampaikan hal tersebut seusai berbicara empat mata dengan Presiden Jokowi di veranda Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, sekitar 10 menit.

Pertamina akan menggelar RUPSLB pada Senin (25/11) untuk mengangkat Ahok sebagai komisaris utama alias Komut Pertamina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News