Senpi Rakitan Masih Marak di Perhuluan Kalbar

Senpi Rakitan Masih Marak di Perhuluan Kalbar
Senpi Rakitan Masih Marak di Perhuluan Kalbar
SINTANG - Tumenggung Adat Dayak Desa Segara Sebaruk Kecamatan Ketungau Hilir Paulus Wilman, meminta Polres Sintang menertibkan kepemilikan senjata api di kalangan masyarakat. Ini mengingat kepemilikan senjata dikalangan masyarakat dapat mengancam keberadaan masyarakat setempat.

“Saya berharap penegak hukum dapat menertibkan senjata api rakitan jenis lantak yang dipegang oleh masyarakat,” kata Wilman ketika ditemui Jumat (31/5).

Senjata rakitan jenis lantak yang biasa di gunakan masyarakat diperhuluan pada zaman dahulu dipergunakan untuk berburu dan menjaga kedaulatan NKRI. “Kalau dulu memang digunakan untuk menjaga kedaulatan. Tetapi sekarang sudah tidak relefan lagi,” imbuhnya.

Terlebih menurutnya, jika senjata itu dipegang oleh masyarakat yang tidak memiliki pemikiran normal. Seperti yang pernah terjadi di Desa Sungai Mali.

“Di Desa Sungai Mali Kecamatan Ketungau Hilir ada masyarakat yang kurang normal selalu menenteng senjata. Saya tidak tau mengapa dia bisa membawa senjata. Kami merasa was-was dengan keberadaan orang tersebut,” ujar Wilman.

SINTANG - Tumenggung Adat Dayak Desa Segara Sebaruk Kecamatan Ketungau Hilir Paulus Wilman, meminta Polres Sintang menertibkan kepemilikan senjata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News