Sensus Penduduk 2020 secara Online, tak Butuh Waktu Lama

Sensus Penduduk 2020 secara Online, tak Butuh Waktu Lama
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Foto: ANTARA/Sumarwoto

jpnn.com, SEMARANG - Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengisian data pada Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengaku sudah melakukan pengisian data dimaksud.

"Saya, istri, serta anak-anak saya sudah melakukan Sensus Penduduk 2020 secara online atau mandiri. Tidak sulit kok, cuma butuh kartu keluarga, nomor induk kependudukan, dan surat nikah, lalu kita ketik di website sensus.bps.go.id, kemudian mengisi nomor KK dan seterusnya sampai selesai," katanya di Semarang, Kamis (5/3).

Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Taj Yasin Maimoen, menjelaskan, data hasil Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan serentak di seluruh penjuru nusantara per 15 Februari 2020 akan mempermudah pemerintah dalam menangani berbagai persoalan negara.

Data kependudukan tersebut akan digunakan sebagai data dasar membuat regulasi dan kebijakan di berbagai bidang.

Selain itu, Sensus Penduduk 2020 merupakan momentum tepat untuk menyediakan data kependudukan yang akurat, mutakhir, dan relevan sebagai landasan merumuskan kebijakan dan merencanakan pembangunan.

Sensus Penduduk 2020 juga akan menjadi titik tolak transisi budaya masyarakat, dan mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

"Saya mengajak masyarakat Jateng untuk aktif dalam Sensus Penduduk 2020. Kalau biasanya kita didatangi, sekarang kita yang aktif agar terdata. Ini tidak hanya memberi manfaat kepada pemerintah, tapi juga masyarakat," ujarnya.

Proses pengisian data pada Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online, mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News