Sentra RnD Dorong Entrepreneurship dari Generasi Milenial

Sentra RnD Dorong Entrepreneurship dari Generasi Milenial
Ketua KEIN, Soetrisno Bachir. Foto: Ist

jpnn.com, LAMONGAN - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) merekomendasikan pembangunan sentra-sentra research and development (RnD) di berbagai daerah di Indonesia. Pembangunan tersebut bertujuan untuk menggali potensi masing-masing daerah yang berbeda satu sama lainnya.

“Setiap daerah itu punya keunggulannya sendiri. Tidak bisa disamaratakan. Dibutuhkan pembangunan lembaga RnD di setiap daerah,” kata Soetrisno Bachir, Ketua KEIN dalam Dialog Ekonomi Umat di Gelanggang Olahraga (GOR) Lamongan, Jumat (15/3).

Rekomendasi ini disodorkan kepada pemerintah karena generasi milenial adalah penemu ide dan inovasi kreatif berbagai produk barang (goods) dan jasa (services). Inisiatif penciptaan produk ini perlu diasah dengan sentuhan jiwa entrepreneurship sehingga akan melahirkan entrepreneur ulung pada bidangnya masing-masing. “Kemampuan menciptakan ide dan inovasi kreatif akan sempurna bila sudah disentuh jiwa entrepreneurship untuk melahirkan entrepreneur,” kata Soetrisno.

Soetrisno mengingatkan bahwa mengasah jiwa entrepreneur harus dimulai sejak bangku sekolah, terutama pada tingkatan sekolah menengah. Saat ini, jumlah pelajar yang masih duduk di bangku SMA/SMK/MA tahun ajaran 2017-2018 sebanyak 20,3 juta orang. Jumlah mahasiswa yang terdaftar tahun akademik 2016-2017 sebanyak 6,9 juta orang.

Karena itu, kebutuhan sentra-sentra RnD di berbagai daerah menjadi strategis. Sebab keberadaannya dapat menjadi mentor untuk lahirnya entrepreneur-entreprenur milenial di masa depan.

Soetrisno yang berlatar belakang entrepreneur menyarankan perlunya menumbuhkan semangat belajar entrepreneurship di tengah pelajar. Setidaknya seluruh pemangku kepentingan, yaitu orang tua, pelajar, pengurus sekolah, dan pemerintah untuk bersama-sama merumuskan dan mengimplementasikan kurikulum yang mampu membentuk jiwa entrepreneurship di kalangan pelajar sekolah menengah ini.

Dia pun optimistis akan lahir entrepreneur di berbagai sektor ekonomi kreatif, seperti aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, animasi, fotografi, kriya, musik, penerbitan, seni, dan kuliner dari kalangan pelajar. Keyakinannya berdasarkan hasil penelitian Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa generasi milenial yang masih duduk di SMA dan SMK sebagai penemu ide dan inovasi kreatif.

Selain itu, penelitian lainnya membuktikan bahwa generasi ini menghabiskan sekitar tiga jam per hari untuk berselancar di internet sehingga memperkaya wawasan dan kemampuannya dalam berbisnis.

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) merekomendasikan pembangunan sentra-sentra research and development (RnD) di berbagai daerah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News