Seorang Nakes Tewas Akibat Tindakan Brutal KKB, Begini Reaksi Kemenkes

Seorang Nakes Tewas Akibat Tindakan Brutal KKB, Begini Reaksi Kemenkes
Para nakes yang bertugas di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, terluka dan trauma setelah KKB pimpinan Lamek Taplo melakukan terror, Senin (13/9). Foto: ANTARA/HO/pihak ketiga

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Widyawati mengaku menyesal dengan peristiwa kekerasan yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu.

“Kami sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi sehingga Saudari Gabriela Meilan gugur dalam melaksanakan tugas”, kata Widyawati, Kamis (16/9).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima informasi dari Polda Papua tentang adanya peristiwa kekerasan yang mengancam 10 tenaga kesehatan atau nakes.

Widyawati mengungkapkan delapan nakes saat ini dipastikan telah mengamankan diri di pos TNI.

Dua orang lainnya sempat menjadi tahanan KKB.

TNI-Polri melakukan pencarian dan menemukan satu orang dalam keadaan hidup.

Saat ini, lanjut Widyawati, tenaga kesehatan bernama Gabriela Meilan itu dipastikan meninggal dunia setelah dilakukan evakuasi.

Kemenkes tanggapi tindakan brutal KKB yang mengakibatkan seorang nakes tewas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.