Seperti Ini Pandangan Sejumlah Tokoh Terkait Kemunculan KAMI

Seperti Ini Pandangan Sejumlah Tokoh Terkait Kemunculan KAMI
Din Syamsuddin salah satu tokoh yang menghadiri deklarasi KAMI. Ilustrasi Foto: Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hadirnya Koalisi Aksi Menyelematkan Indonesia (KAMI) yang dibentuk oleh Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin Cs perlu dicermati secara mendalam.

Latar belakang dibentuknya KAMI tersebut diklaim karena saat ini Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menghadapi gelombang yang begitu besar, sehingga dinilai Indonesia akan collaps apabila tidak ada aksi penyelamatan.

Lalu seperti apa pandangan para tokoh terkait hadirnya KAMI?

Deputi VII Badan Intelejen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, menyatakan bahwa sebagai warga negara sudah seharusnya membela tanah airnya dengan segenap jiwa dan raganya.

"Sudah menjadi kewajiban kita untuk melindungi segenap tumpah darah, kita harus sadari bahwa seluruh ancaman perlu diantisipasi supaya kita bisa lepas, baik dari ancaman yang berasal dari dalam atau luar negeri," ujar Wawan dalam diskusi bertema 'Aksi Selamatkan Indonesia, Selamatkan Dari Apa?' di Bumbu Desa Resto, Jakarta, Rabu (12/8).

Namun, di mata BIN ancaman yang nyata dan yang dianggap saat ini serius adalah pandemi covid-19, bukan yang lainnya.

Karena itu semua pihak harus bersama-sama untuk menjaga keselamatannya masing-masing, sehingga secara kolektif bisa menyelamatkan Indonesia dari dampak buruk akibat pandemi global tersebut.

Sementara itu Ahli Hukum Indonesia, Muhammad Kapitra Ampera, menilai bahwa pembentukan KAMI sarat dengan kepentingan politis. Tuntutan dan juga aksi yang akan dilakukannya juga dianggap tidak jelas.

Latar belakang dibentuknya KAMI tersebut diklaim karena saat ini Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menghadapi gelombang yang begitu besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News