Seperti Inilah Perdebatan Ayah dan Ibu Yana Zein sebelum Pemakaman

Seperti Inilah Perdebatan Ayah dan Ibu Yana Zein sebelum Pemakaman
Jenazah Yana Zein di RS Fatmawai, Jakarta Selatan, Jumat (2/6). Foto: Dedi Yondra/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Aurelia Callista Carilla alias Rilla, 13, tak mampu membendung tangis. Putri sulung mendiang Suryana Nurzaman Zein alias Yana Zein itu mungkin kecewa mendalam.

Jasad sang bunda yang sedianya hendak dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jakarta Selatan, pukul 13.00, tidak bisa langsung dikuburkan.

Ayah kandung Yana, Nurzaman Zein, bersikeras agar pemakaman dilangsungkan di TPU Gandul, Cinere, Depok, secara Islam.

Semua bermula selepas ibadah tutup peti di rumah duka RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, kemarin siang (2/6).

Yana awalnya akan dimakamkan secara Kristen yang menurut ibunya, Swetlana, adalah agama terakhir bintang sinetron yang meninggal pada Kamis dini hari lalu karena kanker payudara dan kanker getah bening itu. Selama ibadah tersebut, dilantunkan lagu-lagu pujian.

Sementara itu, di ruang sebelah, pihak keluarga ayah Yana melantunkan ayat suci Alquran.

Setelah pendeta memberikan khotbah dan menjelang penutupan peti, Nurzaman masuk dan mengungkapkan ingin Yana dimakamkan secara Islam.

Namun, Swetlana bersikukuh. Perdebatan panjang terjadi. ’’Dia (Nurzaman) ke mana saja selama ini? Kenapa baru muncul sekarang?’’ ujar Swetlana yang bercerai dengan Nurzaman sekitar 30 tahun silam.

Aurelia Callista Carilla alias Rilla, 13, tak mampu membendung tangis. Putri sulung mendiang Suryana Nurzaman Zein alias Yana Zein itu mungkin kecewa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News