JPNN.com

Sepertinya Pak Jokowi Belum Perlu Ganti Menteri dalam Waktu Dekat Ini

Selasa, 18 Februari 2020 – 15:51 WIB Sepertinya Pak Jokowi Belum Perlu Ganti Menteri dalam Waktu Dekat Ini - JPNN.com
Presiden Joko Widodo. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati politik Girindra Sandino memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan melakukan reshuffle terhadap menteri-menterinya di Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat ini. Gigin -panggilan karibnya- mendasari prediksinya pada kondisi yang ada dan perkembangan politik terkini.

"Melihat situasi yang ada saat ini, saya kira sangat kecil sekali kemungkinan Pak Jokowi bakal me-reshuffle kabinet dalam waktu dekat," ujar Gigin kepada jpnn.com, Selasa (18/2).

Direktur eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (IndecenterS) itu menambahkan, kondisi keamanan di dalam negeri cenderung stabil meski pertumbuhan ekonomi nasional hanya berkisar 5 persen. Selain itu, kondisi perpolitikan juga relatif adem karena, sementara kecaman-kecaman dari para politikus terhadap kinerja para menteri juga terkesan biasa-biasa saja.

"Jadi, untuk apa reshuffle? Kalaupun ada, kemungkinan juga hanya menyasar menteri-menteri dari kalangan profesional, sementara yang berasal dari parpol saya kira bakal aman-aman saja," ucapnya. 

Lebih lanjut Gigin memprediksi Jokowi tidak akan me-reshuffle menteri dari kader parpol. Sebab, mengganti menteri dari parpol berpotensi mengganggu kondisi politik yang kondusif dan stabil.

"Coba perhatikan parpol-parpol yang ada, apa ada yang sangat vokal mengkritik pemerintah? Satu dua orang dari partai tertentu mungkin aktif mengkritik, tetapi secara umum saya melihat biasa-biasa saja," pungkasnya.(gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...