Sepertinya Suap untuk Pejabat BPK dari Saweran Para Dirjen di Kemendes

Sepertinya Suap untuk Pejabat BPK dari Saweran Para Dirjen di Kemendes
Ketua KPK Agus Rahardjo (duduk) dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (27/5) bersama penyidik yang memperlihatkan uang sitaan dari operasi tangkap tangan terhadap pejabat BPK dan Kemendes. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyebut suap yang diterima Auditor Utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri tidak hanya berasal dari Inspektur Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) Sugito. Agus menduga suap itu berasal dari hasil urunan atau patungan pihak internal dari sejumlah direktur jenderal di Kemendes.

"Kelihatannya saweran itu. Dari dalam, dikumpulin banyak. Kelihatannya minta dari dirjen-dirjen," ujar Agus saat ditemui di kantor PBNU Jakarta, Selasa (30/5).

Meski demikian, Agus tak menjelaskan secara gamblang tentang pihak-pihak yang diduga patungan uang suap tersebut. Menurut Agus, hal itu masih akan didalami penyidik komisi antirasuah.

Sebelumnya, dalam kasus suap pemberian opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke Kemendes, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka suap. Tersangka penyuapnya adalah Sugito dan pejabat eselon III Kemendes bernama Jarot Budi Prabowo.

Sedangkan tersangka penerima suapnya adalah pejabat Eselon I BPK Rochmadi Saptogiri dan auditor utama BPK Ali Sadli. Suap itu diduga agar BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kemendes.(put/jpg)


Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyebut suap yang diterima Auditor Utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News