Sepuluh Hari, 2 Balita Ditemukan Tertular HIV/AIDS

Sepuluh Hari, 2 Balita Ditemukan Tertular HIV/AIDS
Sepuluh Hari, 2 Balita Ditemukan Tertular HIV/AIDS

jpnn.com - PENGIDAP Human Immunodeficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) tidak hanya dari usia produktif. Balita pun bisa tertular virus mematikan itu. 

Buktinya, berdasar data klinik Seruni RSUD dr Iskak Tulungagung, selama sepuluh hari terakhir, ditemukan dua balita yang terkena HIV/AIDS. Paling baru, ada bayi yang berusia setahun dari Kecamatan Tulungagung yang terinfeksi. Bayi di bawah tiga tahun (batita) tersebut tertular dari ibunya yang juga mengidap HIV/AIDS. 

Bagian administrasi Klinik Seruni RSUD dr Iskak Tulungagung Wasis Subekti menyatakan, setelah ditemukan bayi berusia 18 bulan dari Kecamatan Sendang yang terinfeksi, dua hari lalu (9/10) masuk seorang lagi pasien ODHA yang berusia setahun. Saat ini batita itu masih dalam penanganan medis di ruang rawat inap.''Anak tersebut tertular dari ibu yang positif HIV/AIDS. Sementara itu, dari pemeriksaan laboratorium, sang ayah menunjukkan hasil negatif,'' tuturnya. 

Dia mengungkapkan bahwa batita tersebut saat ini menjalani tranfusi darah. Sebab, batita itu terkena anemia. Bahkan, berat badannya semakin menurun. Dengan begitu, orang menduga bahwa batita tersebut terkena gizi buruk. ''Batita itu berjenis kelamin laki-laki. Diduga, dia tertular sejak berada dalam kandungan sang ibu,'' ujarnya. 

Sementara itu, selama sepuluh hari terakhir ini, ada 15 ODHA. Yakni, sepuluh laki-laki dan lima perempuan. Empat di antara 15 pasien tersebut dirawat inap. Termasuk batita yang berusia setahun itu. ''Pada 2014, mulai Januari-Oktober, total ada 228 ODHA yang ditemukan,'' katanya. (nva/ris/mas/bh) 


PENGIDAP Human Immunodeficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) tidak hanya dari usia produktif. Balita pun bisa tertular virus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News