Serahkan Keamanan Pilkada Tolitoli ke Kepolisian

Serahkan Keamanan Pilkada Tolitoli ke Kepolisian
Serahkan Keamanan Pilkada Tolitoli ke Kepolisian
JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi yakin, pelaksanaan pemungutan suara pemilukada Kabupaten Tolitoli yang dijadwalkan dilaksanakan besok (31/7), bisa berjalan aman. Dikatakan, aspek keamanan sudah dikaji oleh KPU dengan pihak kepolisian. 

"Sudah ada rapat KPU dengan kepolisian. Tentunya sudah dikaji (aspek keamanannya)," ujar Gamawan Fauzi kepada wartawan di kantornya, Jumat (30/7). Mengenai usul penundaan pemilukada Tolitoli, Gamawan mengatakan bahwa dirinya sudah menandatangani surat persetujuan bahwa pemilukada digelar 31 Juli 2007. "Saya sudah tandatangani 31 Juli. Itu atas usulan daerah," imbuhynya.

Masih terkait dengan pemilukada Tolitoli, kemarin Koordinator Forum Pemuda Pancasila, Andre Bangsawan, menyerahkan langsung surat dari DPRD Tolitoli Nomor 176/344/SET.DPRD/TL/2010 tertanggal 26 Juli 2010, yang isinya permintaan agar jadwal pemungutan suara Tolitoli diundur lagi, dari yang sudah dijadwalkan 31 Juli 2010. Sebenarnya, secara resmi surat itu sudah masuk ke Kantor Kemendagri pada 28 Juli 2010.

Kepada Gamawan, Andre menyampaikan bahwa kondisi keamanan di Tolitoli masih sangat mengkhawatirkan jika pelaksanaan pemilukada tetap digelar 31 Juli. Distribusi surat suara pun, lanjutnya, harus dikawal aparat Brimob. Distribusi surat suara pun baru dilaksanakan sehari sebelum pemungutan suara. "Tadi Bapak Mendagri mengatakan akan mengkoordinasikan masalah ini dengan KPU Pusat," ujar Andre, usai menyerahkan surat DPRD ke Gamawan di gedung Kemendagri.

JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi yakin, pelaksanaan pemungutan suara pemilukada Kabupaten Tolitoli yang dijadwalkan dilaksanakan besok (31/7), bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News