Serahkan Saja BBM Satu Harga ke Swasta

Serahkan Saja BBM Satu Harga ke Swasta
Mulai Minggu (10/2) ini Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM. Foto: dok/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW) M Adnan Rarasina mendesak pemerintah mengalihkan program bahan bakar minyak (BBM) Satu Harga kepada pihak swasta. Terutama kepada perusahaan asing yang mampu menjual RON 89 di bawah harga premium Pertamina.

“Agar semua menikmati harga yang sama, maka program BBM Satu Harga sebaiknya dialihkan kepada perusahaan tersebut,” kata M Adnan, Selasa (31/10).

Adnan menuturkan, jika pemerintah tidak mengalihkan program itu, maka program BBM Satu Harga gagal total sejak SPBU asing tersebut diresmikan di Jakarta pekan lalu.

Sebab, ketika masyarakat di Jakarta bisa menikmati harga RON 89 lebih rendah, rakyat di daerah terluar kembali harus membayar dengan harga lebih mahal.

“Kalau sudah begini, apanya yang satu harga? Ini ibarat panas setahun dihapus hujan sehari,” kata Adnan.

Dia mengatakan, perjuangan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyamakan harga BBM di seluruh Indonesia, tiba-tiba hancur karena pemerintah membuka keran perusahaan SPBU asing.

“Masyarakat Maluku, Papua, dan lain-lain bisa menggugat pemerintah karena dianggap melakukan pembohongan. Secara politis, ini sangat berbahaya bagi Jokowi menjelang Piplres 2019 mendatang,” ungkap Adnan.

Tidak hanya mengalihkan program BBM Satu Harga, pemerkntah juga didesak untuk menghentikan Pertamina dalam menjual premium dan solar di daerah tertinggal, terpencil, dan terluar (3T).

Kehadiran BBM dengan harga lebih murah ketimbang yang dijual Pertamina berpotensi membuat Presiden Joko Widodo digugat masyarakat luar Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News