JPNN.com

Serangan Siber Jadi Perhatian Serius Memasuki Era Mobil Terkoneksi

Minggu, 12 Januari 2020 – 03:01 WIB Serangan Siber Jadi Perhatian Serius Memasuki Era Mobil Terkoneksi - JPNN.com
Hacker. Ilustrasi: Daily Telegraph/Alamy

jpnn.com - Revolusi di dunia otomotif, di mana era mobil terkoneksi antara satu dengan yang lain, bahkan lingkungan sekitar, maka potensi serangan siber pun menjadi bahaya baru.

Perusahaan cybersecurity Israel, GuardKnox, menunjukkan adanya ancaman siber dalam simulasi mengemudi Formula 1 di Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, pekan ini.

Saat memasuki mode swakemudi, salah seorang insinyur GuardKnox yang berperan sebagai peretas menyerang, dan setir tidak lagi dapat mengendalikan mobil yang melaju kencang.

Dalam kasus tersebut, pengemudi akan terjebak dalam skenario yang menurut para ahli keamanan siber bisa menjadi sangat nyata.

Model mobil yang dikemas dengan keping komputer, sensor, dan teknologi seluler dapat dimanfaatkan peretas untuk menyabotase sistem atau bahkan mengambil alih kontrol kemudi.

Peluang serangan siber meningkat seiring dengan tren swakemudi, mobil listrik yang berkomunikasi secara waktu nyata dengan cloud dan infrastruktur kota pintar.

Kepala eksekutif GuardKnox, Moshe Shlisel, memberikan contoh seorang peretas yang dengan jarak jauh dapat mengendalikan sebuah truk tangki berisi bahan bakar untuk ditabrakkan ke sebuah gedung.

Keamanan siber telah menjadi bagian integral dari rekayasa kendaraan sebagai bagian dari upaya keselamatan kecelakaan, menurut mantan anggota Council for Automobile Cybersecurity, Henry Bzeih, yang berbicara di CES 2020.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...