Sering Bercinta Bisa Atasi Hilangnya Selera Makan

Sering Bercinta Bisa Atasi Hilangnya Selera Makan
Sering bercinta bisa mengatasi anoreksia. Getty Images

jpnn.com - Hingga kini, gangguan anoreksia atau kehilahangan selera makan belum dapat diatasi dengan efektif. Hal ini dibuktikan karena masih banyaknya kasus mengenai anoreksia.

Namun, penelitian baru-baru ini menemukan bahwa hormon cinta, sebuah hormon dikeluarkan saat melakukan hubungan seks dan saat melahirkan, dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan anoreksia.

Oxytocin yang disebut sebagai hormon cinta bukan merupakan hormon baru yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gangguan ataupun penyakit. Sebelumnya, oxytocin ini ternyata sudah digunakan untuk mengatasi gangguan psikis dan telah terbukti dapat membantu menangani orang dengan autisme.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Inggris dan Korea mengindikasikan bahwa orang yang mengkonsumsi oxytocin cenderung tidak terlalu memperhatikan makanan dan bentuk tubuh dirinya.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa oxytocin dapat mengurangi kekhawatiran terhadap makanan, bentuk tubuh, hingga emosi negatif yang dirasakan oleh para pengidap anoreksia," kata peneliti Prof. Youl-Ri Kim, seperti dilansir laman 24Allnews, Senin (7/4).

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menguji coba secara medis terhadap 31 orang yang mengidap anoreksia. Para pengidap anoreksia diberikan beberapa dosis dari hormon oxytocin ini. Hasil penelitian ini pun dianggap sebagai sebuah solusi yang telah dinantikan sejak lama demi mengatasi masalah anoreksia.

"Kami berharap penemuan ini akan memberikan solusi untuk penanganan efektif bagi pengidap anoreksia," kata Prof Janet Treasure, ilmuwan dari King's College London's Institute of Psychiatry.

Walaupun begitu, para ilmuwan masih merasa harus melakukan penelitian lebih lanjut mengenai ini. Para ilmuwan menemukan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dipastikan lebih jauh mengenai basis biological dari anoreksia ini.

Hingga kini, gangguan anoreksia atau kehilahangan selera makan belum dapat diatasi dengan efektif. Hal ini dibuktikan karena masih banyaknya kasus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News