Sering Cuci Muka Bikin Wajah Keriput?

Sering Cuci Muka Bikin Wajah Keriput?
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Kulit keriput tak hanya menimpa pada wanita paruh baya, tetapi juga bisa terjadi pada wanita berusia muda.

Faktor penyebabnya bermacam-macam –seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, pola makan tak sehat, dan sebagainya.

Kabar baiknya, keriput yang muncul saat usia muda atau penuaan dini bisa dicegah dengan beberapa perawatan, salah satunya yaitu mencuci muka.

Para ahli menganjurkan mencuci muka sebanyak dua kali sehari atau lebih untuk Anda yang selalu berkeringat dan menggunakan kosmetik.

Anda tidak disarankan untuk mencuci muka terlalu sering karena dapat merusak kelembapan kulit. Terlebih ketika sensasi kesat muncul di kulit wajah setelah mencuci muka, itu menandakan bahwa kulit Anda kering.

Ingat, mencuci wajah yang benar akan memberikan sensasi kulit yang licin dan kenyal, bukan kesat.

Sebaiknya Anda cukup mencuci muka sebanyak dua kali sehari, atau sehabis berpergian maksimal 3–4 kali sehari, terutama untuk kulit berminyak. Bila kulit kering, usahakan mencuci muka cukup dua kali sehari.

Hindari menggosok kulit wajah terlalu keras saat mencucinya, karena hal ini bisa membuat lapisan minyak yang menjaga kelembapan kulit ikut hilang. Anda bisa menggunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati maksimal dua kali seminggu.

Kulit keriput tak hanya menimpa pada wanita paruh baya, tetapi juga bisa terjadi pada wanita berusia muda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News