JPNN.com

Sering Mandi Sauna? ini 4 Efek Sampingnya

Jumat, 22 Februari 2019 – 23:26 WIB Sering Mandi Sauna? ini 4 Efek Sampingnya - JPNN.com
Sauna. Foto: Health

jpnn.com - Fasilitas sauna sering tersedia di tempat-tempat olahraga. Sering kali kegiatan ini menjadi rutinitas pilihan setelah Anda selesai beraktivitas olahraga atau karena cuaca yang dingin. Namun rupanya, terlalu sering sauna tidak selalu baik karena bisa menyebabkan kulit kering.

Saat sauna, biasanya Anda akan menuangkan air ke batu panas atau menggunakan pemanas otomatis. Hal tersebut akan membuat keluarnya uap yang panas dan kering dengan sedikit kelembapan.

Sauna memiliki suhu antara 70-100 derajat Celsius. Panas ini secara signifikan akan meningkatkan suhu di dalam kulit yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah kapiler dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini akan menghasilkan kemerahan pada kulit di semua tipe kulit, baik normal, kering, berminyak, atau kombinasi.

Namun, ketahuilah, sauna juga dapat memiliki dampak negatif untuk kulit Anda. Berikut adalah efek samping dari terlalu sering sauna:

1. Sauna dapat mengeringkan kulit Anda secara berlebihan

Panas dari sauna mengeringkan kulit. Dan, reaksi alami tubuh terhadap kulit kering ini adalah menciptakan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan tingkat kelembapan. Akibatnya, peningkatan jerawat dan bercak kulit kering pun dapat muncul.

2. Panas yang berlebih atau overheating

Panas ekstrem di dalam sauna dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga menjadi tidak sehat. Dokter merekomendasikan untuk melakukan sauna tidak lebih dari 30 menit, dengan waktu terbaik adalah 15-20 menit.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy