Sering Merasa Dingin, Mungkin Anda Alami Penyakit Ini

Sering Merasa Dingin, Mungkin Anda Alami Penyakit Ini
Ilustrasi. Foto:health

jpnn.com - Jika Anda selalu menggigil atau tangan dan kaki terasa dingin seperti balok-balok es sementara orang lain mengatakan suhu udara sedang panas, maka ini saatnya Anda menyelidiki masalah di tubuh Anda.


" Perempuan lebih rentan terhadap rasa dingin daripada pria," kata OB-GYN dan ahli kesehatan perempuan, Dr. Sherry Ross dilansir dari laman Sheknows.

Menurutnya, ada beberapa penjelasan medis yang menyebabkan perasaan dingin sepanjang waktu. Itu termasuk anemia, disfungsi tiroid, diabetes yang tidak terkontrol, infeksi pembuluh darah dan lemak tubuh sangat rendah seperti di anoreksia nervosa.

Dr. Kristine Arthur, internis di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California, mengatakan beberapa orang mungkin cenderung merasa lebih nyaman dalam suhu dingin daripada yang lain. Itu belum tentu menjadi masalah, tapi enam masalah medis ini bisa disalahkan:


1. Hypothyroidism

Fungsi tiroid rendah bisa menyebabkan sensasi umum dari rasa dingin sepanjang waktu. Mereka juga mungkin memiliki kulit kering, kelelahan dan sembelit. Ini perlu didiagnosis dengan tes darah dan bisa diobati dengan obat-obatan.

2. Penyakit Raynaud

Ini adalah gangguan yang menyebabkan jari-jari dan kaki dingin. Hal ini bisa dipicu oleh suhu yang bahkan agak dingin. Kadang-kadang kulit bisa berubah menjadi biru atau putih. Gejala bisa hingga ekstremitas. Ini biasanya dimulai sebelum usia 30 tahun dan biasanya menyerang wanita. Anda harus didiagnosis oleh dokter. Ada perawatan yang tersedia termasuk obat-obatan.

3. Neuropati perifer

Ini bisa menyebabkan tangan dan kaki dingin dengan perubahan warna dan kesemutan atau mati rasa. Membutuhkan pemeriksaan medis dan tes diagnostik. Bisa diobati dengan obat-obatan.

4. Sirkulasi yang buruk

Hal ini bisa terjadi dengan usia atau kondisi kronis lainnya seperti diabetes.

5. Anemia

Ini adalah saat kadar hemoglobin dalam darah rendah. Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang tidak makan cukup zat besi, vegetarian atau memiliki periode menstruasi yang berat. Mereka mungkin juga terlihat pucat dan merasa lelah. Anemia bisa diperiksa dengan tes darah sederhana.(fny/jpnn)


Jika Anda selalu menggigil atau tangan dan kaki terasa dingin seperti balok-balok es sementara orang lain mengatakan suhu udara sedang panas, maka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News