JPNN.com

Sering Minum Alkohol Bikin Olahraga Anda Sia-sia?

Senin, 02 September 2019 – 11:54 WIB Sering Minum Alkohol Bikin Olahraga Anda Sia-sia? - JPNN.com

jpnn.com - Sebagian orang beranggapan bahwa tidak masalah untuk sering minum alkohol asalkan rajin berolahraga. Bagi mereka, dengan olahraga, zat-zat tidak berguna pada alkohol bisa tereduksi dan dibuang oleh tubuh. Alasan itu pun membuat mereka melanjutkan kebiasaan minum alkohol.

Padahal, sering minum alkohol atau biasa disebut kecanduan alkohol sangat berbahaya bagi tubuh. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, ketika alkohol dikonsumsi dalam jumlah berlebih, tubuh tidak mampu untuk mengolahnya dengan baik. Akibatnya, alkohol akan ikut tersirkulasi di dalam peredaran darah dan menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh.

"Hati akan bekerja sangat keras untuk mengolah alkohol. Oleh karena itu, tak heran jika hati menjadi organ pertama yang berisiko mengalami kerusakan saat Anda kecanduan alkohol," ujar dr. Nadia.

"Selain gangguan pada hati, alkohol juga bisa menyebabkan peradangan pada pankreas, meningkatkan risiko kanker, gangguan saluran cerna, kerusakan otak, malnutrisi, defisiensi vitamin, osteoporosis, dan penyakit jantung," jelasnya.

Jadi, alkohol bikin olahraga jadi sia-sia?

Bagi Anda "penganut" tidak apa-apa minum alkohol asalkan tetap olahraga, sebaiknya hentikan pemikiran tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan, konsumsi alkohol yang berlebihan antara lain memengaruhi hormon, organ hati, dan otak. Ini tentu kontraproduktif dengan tujuan yang ingin Anda capai ketika berolahraga.

Selain itu, dilansir dari livestrong.com, berikut efek buruk sering minum alkohol yang harus Anda ketahui:

1. Dehidrasi

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...