Sering Muntah Bikin Gigi Rapuh?

Sering Muntah Bikin Gigi Rapuh?
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Akhir-akhir ini gigi Anda terasa sangat rapuh? Jika ya, perhatikan apakah Anda sering mengalami muntah-muntah? Dan bila jawabannya ya, bisa jadi gigi rapuh tersebut disebabkan oleh muntah berulang yang Anda alami.

Ya, selain membuat badan jadi lemas, muntah yang berulang juga bisa menyebabkan gigi rapuh. Umumnya, muntah yang berulang berhubungan dengan gangguan makan bulimia. Penderita bulimia akan makan dalam jumlah yang banyak dan memuntahkannya kembali sebagai upaya untuk membersihkan tubuh dari kalori yang telah dikonsumsi. 

Gangguan makan bulimia akan merusak organ-organ di dalam tubuh, seperti lambung, kerongkongan, dan gigi. Hal ini disebabkan karena muntah mengandung asam lambung. Asam lambung berperan untuk memecah makanan di dalam perut sehingga tubuh bisa mencernanya. Jika asam lambung keluar dan berada di dalam mulut, maka akan merusak email gigi.

Gangguan pada gigi

Asam lambung yang berada di dalam mulut akan bersifat korosif, sehingga dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Dampak yang akan terlihat adalah sebagai berikut:

1. Gigi berlubang

Sifat asam dari muntah berulang dapat mengikis lapisan email yang berfungsi sebagai pelindung gigi sehingga akan meninggalkan suatu rongga atau lubang. Kondisi ini dapat makin parah bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan soda.

2. Gigi berubah warna dan rapuh

Asam lambung berperan untuk memecah makanan di dalam perut sehingga tubuh bisa mencernanya. Jika asam lambung keluar dan berada di dalam mulut, maka akan merusak email gigi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News