Sering Sakit Kepala Tiba-Tiba? Waspadai Penyakit Ini

Sering Sakit Kepala Tiba-Tiba? Waspadai Penyakit Ini
Sakit kepala. Foto: NDTV.com

jpnn.com - Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala dan sebagian besar pasti pernah mengalami sakit kepala berulang kali. Sakit kepala yang ringan dapat diatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas (over the counter), istirahat, minum kopi, atau apa pun yang dapat meredakan sakit kepala.

Namun, jika sakit kepala yang dirasakan tidak seperti biasa dan muncul tiba-tiba, bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh penyakit yang serius.

Sakit kepala yang tidak seperti biasanya dan muncul secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan yang lebih berat seperti stroke atau sumbatan di pembuluh darah otak. Meski demikian, sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi berat yang baru saja disebutkan cukup jarang terjadi.

Penyebab sakit kepala karena adanya masalah pada pembuluh darah di otak. Adanya masalah pada pembuluh darah di otak dapat menyebabkan sakit kepala. Penyebab gejala tersebut antara lain:

Kelainan bentuk pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri di otak mengakibatkan keduanya terhubung dengan tidak benar.

Kondisi ini dikenal dengan istilah arteriovenous malformation atau AVM. Ini biasanya sudah mulai ada semenjak lahir dan baru diketahui ketika gejala sakit kepala hebat muncul mendadak.

Stroke non hemoragik, yaitu ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Sebagai catatan, stroke non hemoragik atau stroke iskemik ini bertanggung jawab atas 87 persen dari total kasus stroke.

Perdarahan pada otak akibat pecahnya pembuluh darah atau disebut juga dengan stroke perdarahan. Biasanya, kondisi ini dialami oleh penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol.

Terdapat dua jenis stroke, yaitu stroke penyumbatan dan perdarahan. Dari keduanya, stroke perdarahan adalah yang paling menakutkan karena tidak memiliki gejala khas. Serangannya datang secara tiba-tiba, hingga bukan tak mungkin seseorang langsung dalam keadaan koma, atau bahkan kehilangan nyawa.

Perdarahan lainnya di otak akibat benturan di kepala.

Waspadai juga penyebab lain sakit kepala tiba-tiba

Jika Anda tidak mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, coba pikirkan lagi berbagai kemungkinan penyebab sakit kepala tiba-tiba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News