Sertifikat Vaksin COVID Australia Untuk Perjalanan Internasional Tersedia Mulai Minggu Ini

Sertifikat Vaksin COVID Australia Untuk Perjalanan Internasional Tersedia Mulai Minggu Ini
Sertifikat vaksin COVID Australia untuk perjalanan internasional akan memuat kode QR yang bisa dipindai oleh petugas imigrasi di negara lain. (Supplied)

Sertifikat vaksin COVID untuk perjalanan internasional bagi warga di Australia akan tersedia mulai hari Selasa (19/10).

Penerbitan sertifikat ini sebagai bagian dari persiapan Pemerintah Australia sebelum membuka perbatasan negaranya.

Sertifikat Vaksin COVID-19 Internasional mirip dengan sertifikat vaksin yang ada saat ini dan akan tersedia untuk diunduh melalui situs MyGov.

Namun di dalam sertifikat itu, akan ada tambahan kode QR yang dapat dipindai oleh petugas imigrasi di perbatasan negara lain.

"Jika Anda bepergian ke luar negeri, dan negara tersebut memerlukan bukti status vaksinasi, Anda akan memiliki buktinya langsung," ujar Menteri Ketenagakerjaan Australia, Stuart Robert.

"Mungkin juga Anda tidak harus menggunakannya, karena ada beberapa negara yang tidak mensyaratkan perlunya sertifikat vaksin," katanya.

"Namun pemerintah tidak menghendaki warga Australia terjebak di negara lain karena mereka tidak dapat membuktikan diri telah divaksinasi," kata Menteri Stuart.

Awal Oktober lalu, Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan pembatasan perjalanan internasional akan mulai dilonggarkan pada awal November untuk warga Australia yang divaksinasi penuh.

Sertifikat vaksin COVID bagi warga dari Australia yang ingin ke luar negeri akan tersedia mulai hari Selasa besok (19/10)

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News