Setahun Hanya Tambah 800 Ribu Rumah

Setahun Hanya Tambah 800 Ribu Rumah
Setahun Hanya Tambah 800 Ribu Rumah
JAKARTA--Kondisi perumahan di Indonesia ternyata parah. Hingga 2009, masih ada 7,4 juta kepala keluarga tak punya rumah. Di samping itu, diperkirakan sekitar 4,8 juta unit rumah dalam kondisi rusak. Sedangkan hingga 2010, kekurangan perumahan ada 8,2 juta rumah. Itu berarti dalam setahun hanya ada penambahan rumah 800 ribu.

"Memang masalah perumahan di Indonesia masih menghadapi tantangan berat, terutama masih besarnya backlog (kekurangan, red). Tahun 2009 saja sudah mencapai 7,4 juta rumah, berarti pada 2015 bisa mencapai 11 juta, dengan asumsi penambahan kebutuhan rumah 800 ribu per tahun," urai Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa dalam refleksi akhir tahun di Kantor Kemenpera, Selasa (28/12).

Untuk mengatasi backlog, lanjutnya, pemerintah telah menyediakan alokasi dana hingga 2014 yang cukup besar sekitar Rp13,69 triliun, di luar subsidi. Hanya saja, pemerintah terhalang dengan kendala pengembang. Banyak yang tidak siap membangun perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kemenpera tugasnya bukan membuat dan membangun rumah. Kami hanya menyediakan fasilitas. Nah yang membangun itu pengembang. Hanya saja, pengembang sekarang banyak yang tidak siapnya daripada yang siap," keluhnya.

JAKARTA--Kondisi perumahan di Indonesia ternyata parah. Hingga 2009, masih ada 7,4 juta kepala keluarga tak punya rumah. Di samping itu, diperkirakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News