Setahun, PMI Targetkan Tambahan Sejuta Kantong Darah

Outlet PMI di Mall dan Kampus

Setahun, PMI Targetkan Tambahan Sejuta Kantong Darah
Setahun, PMI Targetkan Tambahan Sejuta Kantong Darah
JAKARTA- Ketua Palang Merah Indoensia (PMI) Jusuf Kalla menargetkan tambahan donor daran sebanyak 1 juta kantong setiap tahun. Target tersebut akan didukung dengan mewujudkan pembuatan outlet donor darah di mall dan kampus di seluruh Indonesia.

"Untuk itu (gerakan donor darah,red), perlu investasi besar," jelasnya, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (18/2).

Investasi tersebut, lanjutnya, meliputi tes kelayakan darah untuk didonorkan, kantong darah dan tenaga PMI. Dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam donor darah, lanjutnya, diharapkan dapat memenuhi target pasokan darah PMI.

JK menyatakan, dengan tambahan 1 juta dari outlet di mall dan kampus itu, PMI menargetkan pengumpulan 4 juta kantong darah setiap tahunnya. Sehingga diharapkan terjadi  peningkatan stok kantong darah di rumah sakit.

JK menambahkan, sudah sepantasnya setiap rumah sakit besar memiliki bank darah. Hal itu untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak, akibat kekurangan persediaan darah. Untuk peningkatan stok kantong darah, PMI menganggarkan Rp 360 miliar untuk donasi 3 juta kantong darah pada tahun 2010.(lev/jpnn)

JAKARTA- Ketua Palang Merah Indoensia (PMI) Jusuf Kalla menargetkan tambahan donor daran sebanyak 1 juta kantong setiap tahun. Target tersebut akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News