Setahun Tiga Kali Panen Raya Padi, Petani Bisa Untung Besar

Setahun Tiga Kali Panen Raya Padi, Petani Bisa Untung Besar
Panen raya di Kecamatan Air Saleh, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (29/1). Foto: Boy/JPNN

jpnn.com, BANYUASIN - Salah satu fokus Kementerian Pertanian saat ini adalah menamam padi di lahan rawa. Hal ini telah berlangsung di Banyuasin, Sumatera Selatan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya telah membantu petani dengan mesin khusus untuk panen di lahan rawa.

“Dengan mesin, dia bisa dua kali dalam setahun, tapi ke depan saya minta tiga kali setahun,” kata dia di lokasi, Senin (29/1).

Dia menuturkan, untuk di seluruh Indonesia petani memiliki lahan rawa seluas 10 juta hektare.

“Kalau tiga kali panen berarti 30 juta hektare, itukan hasilnya bisa Rp 500 triliun hingga Rp 600 triliun pendapatan petani,” tutur dia.

Salah satu yang menjadi sorotannya adalah di Sumsel. Karena di sana terdapat 420 ribu hektare lahan rawa. Dia bahkan turun langsung dengan sejumlah stakeholder untuk panen raya di sana.

Menteri yang merupakan anak pensiunan TNI ini menambahkan, dengan terus menerus memproduksi padi, diharapkan target Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 bisa tercapai.

“Kita bangun kebersamaan, semoga tercapai,” tandas dia. (mg1/jpnn)

Salah satu fokus Kementerian Pertanian saat ini adalah menamam padi di lahan rawa. Hal ini telah berlangsung di Banyuasin, Sumatera Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News