Setara Institute Minta Polri Setop Berpihak kepada Kelompok Intoleran

Setara Institute Minta Polri Setop Berpihak kepada Kelompok Intoleran
Salah satu spanduk yang dipasang warga di lokasi bekas panti pengasuhan yang menurut kabar akan dibangun rumah ibadah lain, Selasa (9/5). Foto: Andi Saddam/GoBekasi

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Setara Institute Halili Hasan meminta Polri tak ragu menindak kelompok-kelompok intoleran yang menyerang minoritas. Halili mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo perlu memperbaiki internal kepolisian agar tak salah ketika menangani kasus intoleransi.

"Karena dalam beberapa kasus yang sesungguhnya itu paling bermasalah adalah keberpihakan, jadi standing position aparat pada banyak kasus sering tidak pada tempatnya," kata Halili di Jakarta, Minggu (31/1).

Halili mencotohkan kasus intoleransi di Tanjung Balai, Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Ia menyebut kepolisian justru ikut-ikutan menyegel tempat ibadah, padahal seharusnya mereka memberikan perlindungan dengan memegang prinsip Bhineka Tunggal Ika.

"Sehingga mereka ketika mendapati kelompok intoleran itu persekusi, kelompok minoritas yang menjadi korban harusnya kan negara berpihak melindungi mereka," ujarnya.

Lebih lanjut, Halili mengatakan kepolisian juga kerap salah memproses hukum dalam kasus intoleransi. Menurutnya, polisi bukannya menindak peyerangan terhadap kelompok minoritas, melainkan memproses pimpinan kelompok minoritas itu.

Kasus ini, kata Halili, terjadi di Sampang, Jawa Timur. Ia menyebut kelompok Syiah di Sampang itu mendapat peyerangan dari kelompok minoritas, mulai dari perusakan rumah ibadah hingga menewaskan anggota tersebut.

"Tapi Haji Muluk dibawa ke pengadilan dengan pasal penodaan Agama. Inikan problematik ketika misalnya minoritas jadi korban persekusi kelompok intoleran, aparat berkecenderungan untuk melakukan semacam reviktimisasi," katanya.

Meskipun demikian, Halili optimistis Jenderal Listyo membawa harapan yang lebih baik untuk penegakan hukum terhadap kelompok intoleran.

Peneliti Setara Institute Halili Hasan meminta Polri tak ragu menindak kelompok-kelompok intoleran yang menyerang minoritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News