Setara: Pelanggar Hak Konstitusi Harus Ditindak Tegas

Setara: Pelanggar Hak Konstitusi Harus Ditindak Tegas
Setara: Pelanggar Hak Konstitusi Harus Ditindak Tegas
JAKARTA- Pembubaran sosialisasi kesehatan gratis dari komisi IX DPR RI di rumah makan Pakis Ruyung, Kelurahan Pakis, Banyuwangi, Jawa Timur oleh Front Pembela Islam (FPI), Forum Umat Beragama, dan LSM Gerak pada Kamis (24/6) kemarin menambah daftar panjang intoleransi oleh kelompok Islam puritan.

Demikian disampaikan Ketua Setara Institute, Hendardi kepada Rakyat Merdeka Online (JPNN Grup), Jumat (25/6).

"Sebelumnya juga terjadi pembubaran Konferensi ILGA di Surabaya,  Pembakaran Fasilitas Pendidikan di Cisarua, Pembubaran Pelatihan Hukum dan HAM komunitas waria di Depok dan perobohan patung di Bekasi," lanjut Hendardi.

Kohesi sosial sangat terancam jika melihat trend belakangan ini, kelompok Islam puritan dengan mudah sekali melakukan tindakan sewenang-wenang. Dengan dalil pembubaran  sebagaimana dikatakan salah seorang pelaku pembubaran "Karena tidak ada ijin terhadap lingkungan dan keamanan, sehingga kita anggap ilegal. Lha di polres saja tidak dapat ijin kok," dalil serupa juga digunakan oleh FPI ketika membubarkan pelatihan Komnas HAM bagi komunitas waria di Depok.

JAKARTA- Pembubaran sosialisasi kesehatan gratis dari komisi IX DPR RI di rumah makan Pakis Ruyung, Kelurahan Pakis, Banyuwangi, Jawa Timur oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News