Setelah 59 Tahun, Negara Afrika Ini Akhirnya Buka Kedubes di Jakarta

Setelah 59 Tahun, Negara Afrika Ini Akhirnya Buka Kedubes di Jakarta
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) bersalaman dengan Menteri Luar Negeri Tanzania Stergomena Lawrence Tax sebelum melaksanakan pertemuan bilateral di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Pertemuan tersebut membahas mengenai kerjasama perdagangan, investasi, pembangunan, dan pembukaan kantor Kedutaan Besar Tanzania di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras

jpnn.com, JAKARTA - Tanzania resmi membuka kedutaan besarnya di Indonesia pada Kamis, yang semakin menegaskan pentingnya kerja sama dan persahabatan kedua negara yang sudah terjalin sejak 1964.

Menteri Luar Negeri Tanzania Stergomena Lawrence Tax menegaskan bahwa Indonesia selalu menjadi sekutu dan merupakan salah satu negara yang paling awal membuka kedutaannya di Tanzania setelah kemerdekaan.

"Sejak saat itu kita tetap menjadi mitra, dan sekarang kami ingin bergerak maju untuk memperkuat kerja sama politik dan ekonomi," kata Menlu Tax dalam konferensi pers usai pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi, Kamis.

Selama pertemuan tersebut, kedua menlu membahas upaya meningkatkan perdagangan dan investasi melalui kemitraan publik dan swasta, serta menyepakati kerja sama di bidang manufaktur, pertambangan dan energi, pertanian, perikanan, serta industri pariwisata dan perhotelan.

Tax menjelaskan bahwa kunjungannya ke Indonesia akan ditindaklanjuti dengan kunjungan resmi Perdana Menteri Tanzania Kassim Majaliwa pada September mendatang.

PM Majaliwa didampingi delegasi bisnis Tanzania yang akan merealisasikan kerja sama bisnis di antara dua negara.

“Saya yakin kunjungan tersebut akan membuka kerja sama baru di bidang perdagangan dan investasi untuk keuntungan bersama kedua negara,” tutur Tax.

Dia pun menyambut baik rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Tanzania, meskipun belum disebutkan kepastian waktunya.

Tanzania resmi membuka kedutaan besarnya di Indonesia pada Kamis, yang semakin menegaskan pentingnya kerja sama dan persahabatan kedua negara

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News