Setelah Susu Bermelamin, Kini Tragedi Infeksi

Setelah Susu Bermelamin, Kini Tragedi Infeksi
Setelah Susu Bermelamin, Kini Tragedi Infeksi
BEIJING - Tiongkok kembali tercoreng. Menyusul skandal susu terkontaminasi melamin, kini skandal kematian bayi karena infeksi melanda Negeri Panda itu. Tragedi tersebut terjadi di rumah sakit di Provinsi Shaanxi, barat laut Tiongkok.

Kantor berita Xinhua melansir, total delapan bayi meninggal dalam periode 5-15 September. Tapi, kematian itu tidak dilaporkan kepada pihak berwenang hingga beberapa hari. Begitu dipublikasikan pada 25 September, kasus tersebut langsung menyulut kemarahan publik.

Buntutnya, sembilan pejabat rumah sakit pun dipecat. Dua di antaranya adalah direktur dan wakil direktur rumah sakit No. 1. Sanksi tegas itu dinilai layak karena pejabat kesehatan memang harus bertanggung jawab atas rendahnya standar manajemen di rumah sakit tersebut. Padahal, rumah sakit itu merupakan yang terbesar di wilayah barat laut Tiongkok.

Ditambah lagi, Tiongkok kini sedang mendapat sorotan atas terjadinya skandal susu bermelamin yang sudah menjadi krisis global. Karena skandal susu itu, 13 ribu anak menderita gagal ginjal dalam berbagai skala beserta komplikasi lainnya. Sedikitnya 53 ribu anak tergolek setelah menenggak susu bermelamin tersebut. Empat di antara anak-anak malang itu sudah meninggal.

BEIJING - Tiongkok kembali tercoreng. Menyusul skandal susu terkontaminasi melamin, kini skandal kematian bayi karena infeksi melanda Negeri Panda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News