Setiap Barang Bawaan di Pelabuhan Bakal Masuk X-ray

Setiap Barang Bawaan di Pelabuhan Bakal Masuk X-ray
Kepadatan di pelabuhan. Ilustrasi Foto: Elfira/Cendrawasih Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo saat ini tengah mempersiapkan pelabuhan-pelabuhan dengan menggunakan sistem E-Ticketing.

Dengan begitu hanya orang-orang yang memiliki tiket dan ID card resmi yang bisa keluar masuk pelabuhan.

“E-tiketing sangat bagus sekali diberlakukan sehingga memberikan kepastian kepada pengguna jasa atau penumpang agar tidak menumpuk di pelabuhan karena adanya kepastian waktu,” kata Agus.

Selain menerapkan E-ticketing, pelabuhan juga akan dilengkapi dengan X-ray untuk mendeteksi orang dan barang yang keluar masuk pelabuhan.

“Setiap barang bawaan penumpang nantinya harus melalui x-ray sehingga jika ada barang-barang yang masuk kategori barang berbahaya, barang-barang yang over dan sebagainya bisa terdeteksi,” harap Agus.

Begitupun dengan truk yang dimuat di kapal roro juga harus siap dengan sistem ini. Truk harus memiliki cargo manifest dan surat pernyataan tidak memuat barang berbahaya dari operator kapal.(chi/jpnn)


E-tiketing memberikan kepastian kepada pengguna jasa atau penumpang agar tidak menumpuk di pelabuhan karena adanya kepastian waktu.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News