Selasa, 23 Oktober 2018 – 18:36 WIB

KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Segera Lakukan Sterilisasi

Jumat, 12 Oktober 2018 – 04:09 WIB
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Segera Lakukan Sterilisasi - JPNN.COM

jpnn.com, SEMARANG - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh operator pelabuhan dan kapal, terkait dengan rencana sterilisasi pelabuhan Tanjung Emas.

Di mana sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dijadikan sebagai proyek percontohan untuk pelabuhan yang steril, seperti layaknya bandara.

“Kami rencanakan segera memberlakukan sterilisasi. Sosialisasi sudah kami lakukan sejak 2015, operator pelabuhan menyambut baik rencana sterilisasi ini,” ujar Wahid.

Menurut Wahid, ke depan baik penumpang maupun barangnya akan melalui tahap menggunakan boarding pass. Untuk sampai di tahap itu maka sarana dan prasaranya harus siap, seperti metal detector, timbangan dan anggota Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

Begitupun dengan truk yang dimuat di kapal roro juga harus siap dengan sistem ini. Truk harus memiliki cargo manifest dan surat pernyataan tidak memuat barang berbahaya dari operator kapal.

"Hal ini perlu untuk mencegah kejadian kecelakaan kapal yang disebabkan oleh tidak dilengkapinya prasyarat jenis muatan truk yang naik ke kapal roro. Sistem ini juga memuat tentang berat kendaraan yang dimuat di atas kapal, agar stabilitas kapal bisa dipenuhi," harap dia.(chi/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar