Kemenhub Gelar Latihan National Marpolex 2023 di Pelabuhan Tanjung Priok

Kemenhub Gelar Latihan National Marpolex 2023 di Pelabuhan Tanjung Priok
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar latihan national Marpolex 2023. Foto dok Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Latihan National Marpolex 2023, sejak 16-21 Oktober 2023 di Jakarta.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan, Provinsi DKI Jakarta khususnya Pelabuhan Tanjung Priok merupakan kawasan strategis yang memegang peran penting dalam pelayaran internasional dan juga pelayaran domestik.

Antoni menuturkan, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia dengan perkiraan lebih dari 50 % dari seluruh arus barang yang keluar dan masuk ke Indonesia melewati pelabuhan ini.

Hal ini menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi penyokong utama perekonomian Indonesia.

“Untuk itu, Pelabuhan Tanjung Priok dipilih sebagai lokasi penyelengaraan National Marpolex 2023 dengan maksud untuk menguji kesiapan personil dan peralatan penanggulangan pencemaran di perairan, khususnya sebagai lokasi perbantuan apabila terjadi musibah pelayaran di kawasan paling padat aktifitas pelayaran,” ungkap Capt. Antoni.

Capt. Antoni menggarisbawahi, kejadian tumpahan minyak di laut telah beberapa kali terjadi di perairan Indonesia, baik dalam skala lokal hingga lintas batas negara.

“Sebagai contoh, tumpahan minyak dalam skala lokal adalah tumpahan minyak di Perairan Karawang yang dekat dengan wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2019 akibat kebocoran pipa gas pada sumur minyak YYA-1 milik PHE ONWJ," terang dia.

Sedangkan dalam skala internasional, tercatat pada 2009, terdapat tumpahan minyak dari Montara Wellhead Platform di perairan Laut Timor Australia yang tumpahan minyaknya memasuki perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia dan menimbulkan kerusakan lingkungan dan kerugian sosial ekonomi masyarakat.

Koordinasi dan latihan National Marpolex 2023 kita tunjukkan sebagai bentuk kesiapsiagaan semua stakeholder di Pelabuhan Tanjung Priok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News