Petrochina Jabung Genjot Berbagai Program Eksplorasi & Pengembangan Produksi

Petrochina Jabung Genjot Berbagai Program Eksplorasi & Pengembangan Produksi
Fasilitas Betara Gas Plant (BGP) yang dioperasikan PetroChina International Jabung Ltd di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAMBI - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) berkomitmen mendukung SKK Migas untuk mencapai target capaian produksi 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) gas pada 2030.

Salah satunya dengan melakukan eksplorasi secara agresif.

"Sebagai KKKS yang dipercaya untuk melanjutkan pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Jabung selama periode 2023–2043, PCJL terus menggenjot berbagai program eksplorasi dan pengembangan demi meningkatkan produksi di WK Jabung,” ujar Field Manager PCJL, Rudy Hermawan di Betara Gas Plant (BGP), Rabu (18/10) di Jambi.

Dalam upaya tersebut, PCJL berencana melakukan dua pemboran sumur eksplorasi, NEB SUN-1 & NEB BASE-3, sebagai bagian dari pemenuhan komitmen kerja pasti di WK Jabung pada 2023.

PCJL juga mencanangkan 11 program pengeboran pengembangan di 6 lapangan yang berada di Wilayah Kerja Jabung di tahun ini.

“Hingga saat ini, tujuh sumur telah ditajak, yakni WB-D16, NEB-101, SB-D21, NEB-93, Panen-D15, NEB-83 dan Gemah-75,” jelasnya.

Menurut Rudy, tajak sumur SB-D21 pada 22 Januari 2023 mendapatkan apresiasi dari SKK Migas sebagai tajak sumur tercepat di 2023.

Program pengeboran tahun ini diharapkan bisa menambah produksi minyak dan kondensat sebesar 1.122 BOPD serta 24 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) untuk gas. Pada 2022, PCJL sukses mencapai target program pengeboran di 14 sumur.

PetroChina International Jabung Ltd. telah mengoperasikan WK Jabung seluas 1.643 kilometer persegi di Provinsi Jambi sejak 2002.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News