Perkuat Inovasi Smart Mapping, SKK Migas Raih Banyak Apresiasi

Perkuat Inovasi Smart Mapping, SKK Migas Raih Banyak Apresiasi
GeoInnovation Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Esri Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan, salah satunya SKK Migas. Foto: dok SKK Migas

jpnn.com, JAKARTA - GeoInnovation Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Esri Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan.

SKK Migas dan PT Kideco Jaya Agung muncul sebagai dua dari enam penerima penghargaan itu.

SKK Migas dinilai inovatif karena berhasil menciptakan sistem geospasial yang saling terhubung sebagai dasar pertukaran data, informasi, dan pengelolaan data guna mendukung eksplorasi dan operasi hulu migas nasional mengantarkan SKK Migas sebagai penerima penghargaan.

SKK Migas memainkan peran penting sebagai regulator yang bertugas memantau dan mengawasi bisnis hulu migas di Indonesia, dengan tanggung jawab mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas pada 2030.

Salah satu peran penting yang dijalankan adalah menampilkan lokasi geografis, dengan mendukung Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang dikembangkan Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM (Pusdatin ESDM).

Analis Senior Pengelolaan Data Petroleum di SKK Migas Adji Arwinda mengatakan upaya itu bertujuan untuk memastikan terjadinya pertukaran, pengelolaan, dan pemantauan data migas sebagai aset nasional secara terbuka, digital, dan bebas hambatan.

Kerja sama itu, kata dia, dilakukan oleh tim manajemen data SKK Migas bersama para stakeholder, termasuk perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dan Esri Indonesia sebagai penyedia layanan GIS dan IT.

"Kami berharap di masa depan tidak ada lagi transfer data secara manual dan data silo yang dapat menghambat kinerja para stakeholder di bidang ini," ujar Arwinda, Rabu (20/9).

GeoInnovation Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Esri Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan, salah satunya SKK Migas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News