Setiap Hari Ada 500 Wisman Tiongkok Masuk Kepri

Setiap Hari Ada 500 Wisman Tiongkok Masuk Kepri
Ilustrasi: dokumen Jawa Pos

jpnn.com - TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun pada Minggu (18/12) pagi terlihat stand by di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Jalan Adi Sucipto Km 12, Pinang Kencana, Tanjung Pinang, Bintan. Dia didampingi Dirut PT Citilink Indonesia, Albert Burhan dan Dirut Angkasa Pura I Muhammad Awaluddin, serta Stafsus Menpar Bidang Connectivity Judi Rifajantoro.

Rupanya, mereka sedang penyambutan penerbagan perdana Citilink dengan rute China – Tanjungpinang yang setiap hari mengangkut 500 wisatawan mancanegara (wisman) baru. Mengapa disebut baru? Karena rute ini baru pertama kali ini dibuka dan untuk menambah akses menuju ke tanah air.

Jika setiap hari 3 pesawat yang rata-rata mengangkut hampir 200 orang, maka minimal 500-600 wisatawan masuk ke Bintan dan Batam. Dalam sebulan ada 15 ribu wisman baru, dan setahun 180.000 wisman.

Saat ini yang disasar Citilink memang baru 19 kota di Tiongkok. Tapi rencanaya sampai 24 kota di Tiongkok. “Ini adalah perwujudan dari kerjasama Citilink dengan Wanda Hufei Group, untuk mengangkut lebih banyak wisman Tiongkok,” kata Albert Burhan.

Upacara penyambutan itu meski berlangsung sederhana tetapi tetap akrab. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun sangat antusias dengan kerja sama itu  karena akan menaikkan wisman yang mengunjungi wilayahnya.

Penerbangan Tiongkok-Tanjungpinang itu merupakan tindak lanjut atas nota kesepahaman (MoU) kerja sama Citilink-Wanda Hubei. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyaksikan langsung penandatanganan MoU Citilink dengan Wanda Group di  Wanda Plaza Building, Beijing awal tahun 2015 lalu.

Wanda Group sejatinya adalah perusahaan yang berbasis pada pengembang properti dengan asset USD 20 miliar. Namun, Wanda kini merambah sektor pariwisata.

Semula, Wanda Hubei bakal masuk ke Morotai, Manado dan Bintan. Wanda Luxuary Hotels sendiri sudah membuka 80 hotel berbintang lima dan mewah sejak 2015. Mereka punya mal, hotel, apartment, commercial building, kawasan Pariwisata, entertainment dan bisnis properti lain.

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun pada Minggu (18/12) pagi terlihat stand by di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News