Setiap Pemda Punya Rumah Duka

Setiap Pemda Punya Rumah Duka
Setiap Pemda Punya Rumah Duka
JAKARTA--Setiap pemerintah daerah mulai provinsi, kabupaten, dan kota, akan memiliki rumah duka. Dengan adanya rumah duka ini, setiap pronvinsi, kabupaten/kota akan bisa mengetahui berapa kematian yang terjadi setiap hari di wilayahnya masing-masing.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih, langkah tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memantau angka kematian di Indonesia. Cara ini juga diyakini lebih akurat karena masing-masing kabupaten/kota dan provinsi harus melaporkannya ke pusat.

"Bukannya tidak percaya dengan data BPS, tapi Kementerian Kesehatan sengaja melakukan pencatatan dan pendataan yang berhubungan erat dengan kesehatan. Untuk saat ini baru pada angka kematian," ujar Endang dalam raker dengan Komisi IX DPR RI, di Senayan, Rabu (27/1).

Untuk melihat efektivitas pengadaan rumah duka di daerah-daerah, Kementerian Kesehatan telah melakukan uji coba di 6 wilayah, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Gorontalo, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

JAKARTA--Setiap pemerintah daerah mulai provinsi, kabupaten, dan kota, akan memiliki rumah duka. Dengan adanya rumah duka ini, setiap pronvinsi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News