JPNN.com

Setop Panic Buying! Cukup Stok Bahan Makanan Ini di Rumah

Rabu, 01 April 2020 – 04:11 WIB Setop Panic Buying! Cukup Stok Bahan Makanan Ini di Rumah - JPNN.com
Salah satu pusat perbelanjaan ramai diserbu pembeli yang mencari bahan pokok pangan. Mereka khawatir pusat pembelanjaan akan tutup karena corona. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat pembelanjaan belakangan diburu para pembeli lantaran pandemi corona yang tak kunjung usai sampai saat ini. Alhasil, tak sedikit warga yang melakukan panic buying atau belanja berlebihan.

Padahal, tindakan ini justru membuat barang semakin langka dan harganya menjadi naik. Dengan perhitungan yang tepat, setiap orang sebetulnya dapat menyiapkan stok makanan di rumah sesuai kebutuhan.

Menyiapkan stok makanan di rumah memang penting, baik saat terjadi wabah maupun tidak. Namun, bukan berarti Anda harus membeli semua barang dalam jumlah berlebih. Jika setiap orang asal membeli semuanya, bahan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tentu akan terbuang percuma.

Cara pintar menyiapkan stok makanan di rumah

Sebelum membeli bahan makanan, Anda perlu menyusun daftar berisikan jenis dan jumlahnya terlebih dulu. Hal ini mengantisipasi supaya tidak panic buying. Bedakan pula kebutuhan antara bahan makanan yang tidak tahan lama dengan bahan makanan yang bisa awet berminggu-minggu.

Sebagai gambaran, berikut bahan makanan yang perlu distok saat berada di rumah:

1. Makanan pokok dan sumber karbohidrat
Makanan pokok dan sumber karbohidrat terdiri dari banyak jenis, baik yang berbentuk bulir biji utuh, tepung-tepungan, hingga produk jadi. Dengan banyaknya pilihan, Anda tidak perlu cemas bila persediaan beras di pasaran sedang terbatas.

Berikut pilihan makanan pokok dan sumber karbohidrat yang bisa dicoba:

Sumber HelloSehat

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...