Sewa Pesawat, Pemprov Papua Tengah Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Cuaca Ekstrem

Sewa Pesawat, Pemprov Papua Tengah Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Cuaca Ekstrem
Penyaluran bantuan bagi masyarakat Puncak yang terdampak cuaca ekstrem. Foto: Staf Khusus Pj Gubernur Papua Tengah, Roy Purba, for JPNN.com.

jpnn.com - JAYAPURA - Pemerintah Provinsi Papua Tengah menyewa pesawat terbang demi menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak cuaca ekstrem, yakni kekeringan dan hujan es, di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi Kabupaten Puncak.  

Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan sudah tiba dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kepala Dinas Sosial PPPA dua hari lalu memimpin tim ke Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat," katanya, Kamis (4/1).

Dia menambahkan bahwa penyaluran bantuan itu dilakukan dengan menggunakan pesawat jenis Caravan yang disewa oleh Dinas Sosial Papua Tengah.

Menurutnya, pesawat membawa satu ton lebih muatan bahan makanan berupa beras, supermi 50 karton, garam 10 karton, dan Ajinomoto 10 karton.

Dia menambahkan bantuan bahan makanan terus diberikan secara intensif sejak 26 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024 mendatang.

"Kami telah menyiapkan pesawat dengan 20 flight dari Nabire menuju Sinak dan dilanjutkan ke lokasi bencana untuk membawa bahan makanan,” ungkapnya.

Ribka mengatakan sejak Agustus 2023 telah memerintahkan Dinas Sosial PPPA dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah membentuk tim guna penanganan permasalahan bencana kekeringan. 

Pemerintah Provoinsi Papua Tengah menyewa pesawat demi menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak cuaca ekstrem.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News