Waspada Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang di Daerah Ini pada Malam Tahun Baru

Waspada Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang di Daerah Ini pada Malam Tahun Baru
Waspada cuaca pada malam pergantian tahun 2023-2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang atau cuaca ekstrem diprediksi terjadi saat malam pergantian Tahun Baru 2024.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) meminta masyarakat untuk waspada.

Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masyarakat harus mewaspadai cuaca ekstrem dan mengantisipasi dampaknya sedini mungkin.

“Dari informasi yang kami terima untuk wilayah Jawa Barat khususnya, memang perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrim, baik itu angin puting beliung serta hujan lebat. Karena bisa berdampak juga terhadap bencana longsor maupun banjir,” kata Hadi saat ditemui di Bandung, Minggu (31/12).

Menurutnya, BMKG telah memonitor perkembangan kondisi cuaca dan iklim, khususnya di wilayah Jabar yang saat ini menunjukkan adanya potensi peningkatan hujan hingga beberapa hari ke depan.

“Untuk beberapa hari ke depan ini yang kami terima potensi hujan itu memang ada,” katanya.

BMKG telah merinci wilayah yang berpotensi hujan pada periode 31 Desember-2 Januari 2024 yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian pada periode 3-6 Januari 2024 hujan berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) meminta masyarakat untuk waspada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News