Sheva Gantung Sepatu

Sheva Gantung Sepatu
Pemain Ukraina Andiy Shevchenko, saat bertanding dalam laga EURO 2012 di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina. Inggris menang tipis 1-0 atas Ukraina. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
GDANSK - Publik Ukraina sepertinya tidak bisa lagi melihat Andriy Shevchenko di tim nasionalnya. Itu terjadi setelah pemain berusia 35 tahun tersebut resmi mengumumkan gantung sepatu. Kekalahan tipis dari Inggris dalam laga penyisihan grup, Rabu (20/6) menjadi penutup karirnya di timnas.

 

Pemain yang biasa disapa Sheva itu mengumumkannya usai pertandingan. "Malam ini adalah pertandingan resmi terakhirku untuk Ukraina. Sebagai perpisahan dengan para penggemar, sebentar lagi aku akan mengagendakan pertandingan perpisahan," kata Sheva dikutip dari Guardian.

 

Sheva merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki negara tuan rumah Euro 2012 itu. Prestasinya bukan hanya di level timnas, penyerang itu juga menjadi pemain andalan di tiap klub yang dibelanya. Terakhir, dia bermain di klub papan atas Ukraina, Dynamo Kiev.

 

Sejak bergabung bersama timnas Ukraina pada tahun 1995 silam, Sheva sudah bermain sebanyak 111 pertandingan. Dia menjadi pemain yang terbanyak bermain kedua bagi timnas Ukraina setelah Anatoliy Tymoshchuk. Sheva hanya kalah delapan pertandingan dari Tymoshchuk.

 

GDANSK - Publik Ukraina sepertinya tidak bisa lagi melihat Andriy Shevchenko di tim nasionalnya. Itu terjadi setelah pemain berusia 35 tahun tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News