Si Kembar Siam Jalani Operasi Pemisahan 14 Agustus

Si Kembar Siam Jalani Operasi Pemisahan 14 Agustus
Rahma-Rahmi, bayi kembar siam ini akan segera dioperasi. Foto: batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Operasi pemisahan bayi kembar siam Rahma-Rahmi dijadwalkan berlangsung 14 Agustus mendatang. Namun, jadwal itu masih bisa berubah, mundur atau justru lebih cepat.

"Kami lihat hasil evaluasi jantungnya terlebih dahulu," kata Ketua Tim Dokter Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Kepulauan Riau, dr Indrayanti, SpA MARS.

Dokter spesialis jantung anak RSUD dr Soetomo - Surabaya, dr Mahrus A Rahman, SpA(K), yang akan melakukan evaluasi. Sebab, Batam belum memiliki dokter spesialis jantung anak.

"Jantung anak berbeda dengan jantung orang dewasa. Apalagi ini kasus khusus dengan kondisi yang kompleks," tuturnya kepada batampos (Jawa Pos Group).

Rahma-Rahmi merupakan kembar siam yang dempet di bagian perut. Dua organ hati ikut menempel. Hanya saja tidak dalam dan tidak terlalu bermasalah. 

Kondisi kompleks, yang dimaksud dr Indrayanti, adalah kondisi kesehatan Rahma. Bayi bernama lengkap Rahma Fairuz Maknuniyyah itu mengalami kelainan jantung. Bilik kanan jantungnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Tapi sejauh ini, tidak ada masalah dengan Rahma," kata dokter spesialis anak di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB).

Rahma memang tidak seaktif saudara kembarnya, Rahmi Fahira Nahlannisa Namun, ia tidak pernah mengalami sesak dan tidak muntah. Ia juga lancar buang air besar dan kecil.

BATAM - Operasi pemisahan bayi kembar siam Rahma-Rahmi dijadwalkan berlangsung 14 Agustus mendatang. Namun, jadwal itu masih bisa berubah, mundur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News