Siaga Berani Setia! Bea Cukai Gulung Penyelundup Pasir Timah di Perairan Natuna

Siaga Berani Setia! Bea Cukai Gulung Penyelundup Pasir Timah di Perairan Natuna
KM Terang Bulan IV yang diamankan Tim Patroli Laut Bea Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau BC 30004 di Perairan Natuna gara-gara berupaya menyelundupkan pasir timah ke luar negeri. Foto: DJBC

jpnn.com, TANJUNG BALAI KARIMUN - Jajaran Bea Cukai Kantor Wilayah Khusus Kepulauan Riau (Kepri) tak henti-hentinya melakukan penindakan atas berbagai upaya penyelundupan.

Pada 25 Juni lalu, Tim Patroli Laut Bea Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau BC 30004 berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pasir timah ke luar negeri oleh KM Terang Bulan IV di sekitar Perairan Natuna.

Kepala Kanwil Khusus Bea Cukai Kepri Agus Yulianto mengungkapkan, di dalam KM Terang Bulan IV terdapat 10 ton pasir timah tanpa dokumen kepabeanan. Oleh karena itu tim patroli laut Bea Cukai Kanwil Khusus Kepulauan Riau BC 30004 langsung mengamankan tiga anak buah kapal dan seorang berinisial AS yang menjadi nakhoda KM Terang Bulan IV.

“Pasir timah merupakan sumber daya alam yang dilarang untuk diekspor sesuai ketentuan Kementerian ESDM,” ungkap Agus.

Guna penyelidikan lebih lanjut, AS beserta tiga ABK, KM Terang Bulan IV dan pasir timah di dalamnya dibawa menuju Kantor Wilayah Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau di Karimun.

“Dengan moto Siaga Berani Setia Bea Cukai Kepulauan Riau bertekad untuk selalu menjaga Indonesia dari eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan tidak memenuhi ketentuan, terlebih di tengah pandemi Covid-19,” pungkas Agus.(eno/jpnn)

Jajaran Bea Cukai Kantor Wilayah Khusus Kepulauan Riau (Kepri) tak henti-hentinya melakukan penindakan atas berbagai upaya penyelundupan.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News