Siap-Siap Bioskop Bakal Kembali Buka, Penonton Akan Dibatasi Berdasar Usia

Siap-Siap Bioskop Bakal Kembali Buka, Penonton Akan Dibatasi Berdasar Usia
Sebuah film saat ditayangkan di sebuah bioskop di Jakarta. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian dalam rangka pembukaan kembali bioskop atau cinema pada masa COVID-19.

Kajian telah dilakukan selama beberapa minggu terakhir terhadap kemungkinan pembukaan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

Wiku menyampaikan, pembukaan aktivitas sosial dan ekonomi seperti bioskop harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat serta melalui tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi.

“Dalam prakondisi ini, dipastikan tentang kesiapan fasilitas itu sendiri, fasilitas pendukungnya dan juga dalam penyelenggaraan termasuk masyarakat itu sendiri,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/8).

Menyikapi rencana pembukaan bioskop, Wiku menjelaskan, tahapan koordinasi pusat dan daerah telah dilakukan yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh setiap pemerintah daerah.

Dia mencontohkan pertemuan Satgas Penanganan COVID-19 dengan Pemerintah DKI Jakarta pada Rabu (26/8), yang membahas pembukaan kembali bioskop di wilayah ibu kota.

Berdasar hasil kajian Tim Pakar tentang pembukaan kembali bioskop atau cinema, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari sisi medis dan kesehatan masyakarat.

Di antaranya adalah memastikan antrean masuk dan keluar dari fasilitas bioskop dijaga ketat dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter sehingga tidak ada kontak antar-pengunjung.

Setelah ditutup beberapa bulan, bioskop kembali akan dibuka setelah dilakukan kajian oleh Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News