Minggu, 21 Oktober 2018 – 06:15 WIB

Siap-siap, Ganjil Genap di Jagorawi dan Jakarta - Tangerang

Sabtu, 14 April 2018 – 08:11 WIB
Siap-siap, Ganjil Genap di Jagorawi dan Jakarta - Tangerang - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Sistem ganjil genap akan segera diterapkan di Jalan Tol Jakarta – Bogor - Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta - Tangerang. Sebelumnya, skema ini diberlakukan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek.

Sistem ganjil genap tersebut bakal diujicobakan pada pertengahan April dan mulai diterapkan pada awal Mei 2018 mendatang. Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jasa Marga dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menyiapkan skema penerapannya.

Dalam skema tersebut, ganjil-genap akan diterapkan di ruas jalan tol Jakarta-Tangerang mulai dari Gerbang Tol (GT) Tangerang 2 hingga GT Kunciran 2 arah Jakarta mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat. Kecuali hari libur nasional.

Selain itu, akan diterapkan juga Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) di ruas antara Tangerang sampai Kebon-Jeruk arah Jakarta dengan jam dan hari sama seperti diatas. Angkutan barang berupa truk-truk besak (Golongan III sampai IV) dilarang melintas mulai dari ruas Cikupa-Tomang baik arah Jakarta maupun Tangerang di jam-jam dan hari tersebut.

Sementara di ruas Jalan Tol Jagorawi, skema ganjil genap akan diterapkan di ruas jalan tol mulai dari GT Cibubur 2 arah Jakarta pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat kecuali hari libur nasional. LKAU akan diterapkan di ruas mulai dari Bogor hingga Pasar Rebo arah Jakarta.

AVP Cooperate Communication PT. Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan, pemberlakukan skema ganjil-genap di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah dilakukan selama 4 minggu kemarin. Mulai dari 12 Maret 2018 hingga hingga 6 April 2018.

Dwimawan menyebut bahwa skema ganjil-genap telah berhasil menurunkan rasio volume to capacity (V/C) sebesar 46 persen.

“Selain itu ada peningkatan rata-rata kecepatan di Tol Jakarta-Cikampek 10 hingga 20 persen saat jam-jam ganjil-genap,” ungkapnya, Jumat (13/4).

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar