Siap-Siap, Tim Saber Pungli Kemendagri Bakal Beraksi

Siap-Siap, Tim Saber Pungli Kemendagri Bakal Beraksi
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - JAKARTA - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak menutup kemungkinan akan melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

 

Itu akan dilakukan jika diketahui masih ada oknum melakukan pungli terkait pelayanan administrasi di tubuh lembaga yang dipimpin Tjahjo Kumolo tersebut.

"Bisa saja OTT apabila ada pengaduan yang masuk atau informasi apa pun, apabila SOP (standar operasional prosedur) sudah kami teliti tapi masih bandel," ujar Ketua Satgas Saber Pungli Kemendagri Sri Wahyuningsih, Selasa (15/11).

Menurut Sri, SOP penting menjadi acuan tim untuk bekerja, karena dalam SOP diatur proses kerja yang harus dilakukan pejabat dalam menjalankan tugas yang ada.

Dengan demikian, ketika ada penyelewengan, maka patut diduga menjadi celah adanya pungli.

"Iya (tim bekerja,red) dari informasi atau pengaduan apa pun yang masuk ke kami. Makanya, untuk kementerian kami turun dengan perbaikan SOP, apakah SOP sudah berjalan sesuai seharusnya," tutur Sri.

Saat ditanya bagaimana sekiranya SOP selama ini belum tersosialisasi dengan baik, Sri menyatakan justru dengan adanya tim, nantinya sosialisasi akan lebih ditingkatkan.

JAKARTA - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak menutup kemungkinan akan melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News