Siapa Aktivis '98 yang Pantas Masuk Kabinet Jokowi - Ma'ruf?

Siapa Aktivis '98 yang Pantas Masuk Kabinet Jokowi - Ma'ruf?
Jokowi - Ma'ruf. Foto: TKN

jpnn.com, JAKARTA - Para aktivis '98 menyatakan kesiapan mengawal pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin, setelah nanti pasangan capres - cawapres nomor urut 01 itu ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang Pilpres 2019.

Para aktivis menyatakan siap, karena merasa memiliki kesamaan pemikiran dengan Jokowi. Alasan ini pula yang sebelumnya membawa para aktivis 98 beramai-ramai mendukung Jokowi - Ma'ruf selama masa kampanye Pilpres 2019 lalu.

"(Para aktivis '98) sangat siap mengawal pemerintahan Jokowi - Amin nantinya," ujar aktivis '98 Wahab Talaohu, pada diskusi 21 Tahun Mei 98 bertema ‘Sudah Siapkah '98 Menjaga Pemerintahan dan Demokrasi dari Dalam?’ di Graha Pena 98, Kemang Utara, Jakarta, Jumat (3/5).

BACA JUGA: Menagih Janji Jokowi Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM Berat

Wahab menilai, agar pengawalan lebih efektif, para aktivis '98 sebaiknya masuk dalam struktur kabinet pemerintahan Jokowi - Amin. Dengan demikian, hal-hal yang tidak diinginkan terkait kemungkinan ada pihak yang menggerogoti dan menganggu konsentrasi pemerintah dalam membangun Indonesia, dapat diminimalisir.

"Aktivis '98 harus terlibat langsung menjaga pemerintahan Jokowi. Harus diberi ruang di kabinet Jokowi. Saya yakin Jokowi akan menggoreskan sejarah," ucapnya.

BACA JUGA: Wiranto Diancam Eks Kopassus, Mahasiswa Siap Membela

Pandangan yang sama juga dikemukakan aktivis lainnya, Wanda Hamidah. Ia menilai, para aktivis '98 harus ambil bagian dalam menyusun peraturan perundang-undangan, demi Indonesia yang lebih baik.

Sejumlah aktivis merasa memiliki kesamaan pemikiran dengan Jokowi, alasan ini yang membawa beberapa aktivis mendukung capres 01 itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News