Siapa Capres Andalan Milenial Kampus: Ganjar, Prabowo, atau Anies?

Siapa Capres Andalan Milenial Kampus: Ganjar, Prabowo, atau Anies?
Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens saat merilis hasil survei nasional LPI bertajuk 'Capres Pilihan Millenial Kampus' di kawasan Semanggi, Jakarta, Sabtu (15/7). Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan survei capres ideal versi milenial kampus, dengan mengangkat tiga nama, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Dari tiga bakal capres itu, nama Ganjar berada di urutan teratas.

"Dari semua indikator yang diukur, Ganjar unggul dengan angka 36,18 persen, Prabowo Subianto mendapat nilai 33,75 persen, dan Anis Baswedan mendapat nilai 30,07 persen," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens saat merilis hasil survei nasional LPI bertajuk 'Capres Pilihan Millenial Kampus' di kawasan Semanggi, Jakarta, Sabtu (15/7).

Menurut Boni, hasil riset dari LPI memperlihatkan kecenderungan yang berbeda dengan kluster survei milenial kampus.

“Survei ini memperlihatkan kluster atau dimensi yang lebih sempit. Biasanya, orientasi survei hanya mengukur tingkat popularitas atau elektabilitas, LPI ingin lebih spesifik pada kluster tertentu dengan kelas sosial milenial secara khusus kalangan kampus. Rupanya preferensi civitas academica yang dihimpun oleh LPI, menunjukkan data yang berbeda," kata Boni.

Dari sejumlah indikator dalam survei itu, lanjut Boni, memperlihatkan Ganjar berada di urutan teratas, dibandingkan Prabowo dan Anis Baswedan.

"Selisih nilainya tidak berbeda jauh dan tentu saja ini masih sangat dinamis," ungkap Boni.

Dalam waktu dekat, kata Boni, LPI juga akan menghimpun pandangan dan preferensi beberapa kluster pemilih yang lebih spesifik. Seperti kaum pekerja, masyarakat pedesaan maupun perkotaan.

Dia menjelaskan terdapat sejumlah faktor lain preferensi pemilih terhadap figur capres, seperti pasangan calon wakil presiden dan pertimbangan lainnya.

Menurut Boni, hasil riset dari LPI memperlihatkan kecenderungan yang berbeda dengan kluster survei milenial kampus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News