Siapkan 250 Ribu Personel demi Amankan Natal dan Tahun Baru

Siapkan 250 Ribu Personel demi Amankan Natal dan Tahun Baru
Mendagri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Wagub DKI Sandiaga Uno dalam apel pasukan di Monas, Kamis (21/12). Foto: Elfany K/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Polri bersama TNI dan unsur pemerintah mulai mempersiapkan diri untuk mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Rencananya, ada 250 ribu petugas dari Polri, TNI dan pemerintah daerah yang akan dikerahkan untuk pengamanan Natal dan tahun baru.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kepolisian akan mengerahkan 100 ribu personelnya untuk pengamanan Natal dan tahun baru. Sedangkan TNI akan menurunkan 80 ribu anggotanya.

Sedangkan dari pemda dan masyarakat akan ada 70 ribu personel. Jumlah itu jauh lebih banyak ketimbang pengamanan tahun lalu yang hanya melibatkan 150 ribu personel gabungan.

"Untuk tahun ini ada penambahan personel pada perayaan Natal dan tahun baru," ucap Tito usai gelar apel pasukan Operasi Lilin 2017 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).

Dia lantas menjelaskan alasan penambahan personel gabungan untuk pengamanan Natal dan tahun baru. Di antaranya akibat cuaca ekxtrem yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

"Dibanding Natal dan tahun baru sebelumnya, tahun ini ada penambahan sedikit, karena adanya problem masalah cuaca," ucap Tito.

Meskipun begitu, Tito menyebut bahwa angka tersebut lebih rendah dibandingkan saat pengamanan hari raya Idulfitri lalu.

Dalam apel kali ini, Tito dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto langsung memimpin gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2017 di Silang Monas. Dalam acara ini juga tampak hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno serta beberapa pejabat Polri dan TNI lainnya.(mg1/jpnn)


Polri bersama TNI dan unsur pemerintah menggelar apel untuk mempersiapkan diri guna mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News