Siapkan Formula Baru, Kadisdik Batam tak Ingin Ada Lagi Kasus Pungli PPDB Tahun Ini

Siapkan Formula Baru, Kadisdik Batam tak Ingin Ada Lagi Kasus Pungli PPDB Tahun Ini
PPDB: Calon peserta didik baru. Ilustrasi Foto: Dalil Harahap/Batam Pos/JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Aparat kepolisian memastikan akan melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

Berkaca dari kasus PPDB tahun lalu yang menjerat seorang kepala sekolah, polisi tidak ingin ada lagi kasus serupa terulang kembali.

"Kami sudah melakukan tindakan pencegahan, dengan berkoordinasi dengan instansi terkait. Namun apabil ada temuan, kami tidak segan-segan melakukan tindakan hukum," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga, Rabu (27/3).

Dia mengatakan langkah pencegahan yang dilakukan dengan sosialisasi, dan menjalin komunikasi dengan instansi terkait.

Polisi, kata Erlangga sudah melakukan imbauan ke sekolah-sekolah menjalankan PPDB dengan aturan yang berlaku. "Kami sudah peringatkan juga, jangan ada penyimpangan dalam PPDB tahun ini," ucapnya

Terkait pengawasan, Erlangga mengatakan tim siber pungli Provinsi maupun Kota atau Kabupaten akan turun melihat langsung proses PPDB di sekolah-sekolah. Dan ia berharap, apabila masyarakat menemukan kecurangan atau hal-hal yang tidak wajar, bisa melaporkannya ke Satgas Siber Pungli.

"Laporkan saja, jangan takut. Kami akan tindaklanjuti semua laporan yang masuk," ungkapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan menyatakan akan menyiapkan formula baru, untuk PPDB tahun ini. Sistem baru yang disiapkan ini, diharapkannya, untuk tidak mengulang kejadian tahun lalu.

Aparat kepolisian memastikan akan melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News