Siapkan Kereta Kencana untuk Arak-Arakan Jokowi-JK

Siapkan Kereta Kencana untuk Arak-Arakan Jokowi-JK
Siapkan Kereta Kencana untuk Arak-Arakan Jokowi-JK

jpnn.com - JAKARTA – Gabungan relawan serta simpatisan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) bakal meramaikan hari pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang dengan pesta besar-besaran. Mereka akan mengadakan selamatan akbar dengan tajuk ’’Syukuran Rakyat Salam 3 Jari’’.

Pesta digelar mulai 17 Oktober dan berpuncak pada 20 Oktober nanti. Abdee Negara, gitaris Slank, menjadi ketua panitia kegiatan tersebut. Abdee menyatakan, pesta itu terbuka untuk umum. Hingga kini, pihaknya terus menerima masukan dan pendaftaran dari masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam penyambutan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden baru.

’’Partisipasi ini banyak bentuknya. Mulai parade, kirab, panggung hiburan, pasar rakyat, makan bakso dan siomay gratis, serta berbagai macam kegiatan lainnya. Berbagai kegiatan itu coba kami satukan dalam satu rangkaian yang bermakna dan mempunyai arti buat kita dan bangsa Indonesia,’’ jelas Abdee dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/10).

Syukuran akbar itu akan dipusatkan di Jakarta. Ada tiga titik konsentrasi massa, yaitu bundaran Hotel Indonesia (HI), lapangan Monumen Nasional (Monas), dan Istana Negara. Meski acara diklaim berlangsung besar-besaran dan bakal mengerahkan ribuan relawan serta simpatisan ke jalan, Abdee menyatakan telah memperoleh izin dari pemerintah dan kepolisian.

“Panitia syukuran telah berkoordinasi dengan rumah tangga istana, Paspampres, Pemda DKI, Sekjen MPR, dan Polri demi memperlancar jalannya kegiatan. Kami sudah mengantongi izin dari kepolisian untuk titik-titik itu. Kalau untuk di DPR, izinnya tidak keluar,” ujarnya. Jokowi akan diarak menuju istana dengan kereta kencana.

Abdee menambahkan, kegiatan tersebut juga bakal diadakan di sejumlah kota besar di seluruh Indonesia seperti Sabang, Banda Aceh, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, hingga Merauke. “Kami mengajak untuk menyambut pemimpin baru Indonesia sebagai presiden seluruh rakyat Indonesia dengan penuh optimisme dan kerja keras,” tuturnya.

Slank juga tidak tertinggal meramaikan kegiatan tersebut. Beserta deretan artis dan musisi nasional papan atas, mereka akan menggoyang Jakarta. “Panggungnya nanti ada di sisi utara Monas menghadap ke istana. Panggungnya akan diisi musik dan panggung budaya lainnya. Sampai saat ini rencananya ada dua panggung,” jelasnya.

Jokowi diagendakan naik ke atas panggung untuk memberikan pidato pertamanya sebagai presiden di depan rakyat Indonesia. “Jokowi juga akan menyapa masyarakat di delapan kota besar melalui teleconference,” ucap Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto yang juga tergabung dalam panitia syukuran akbar.

JAKARTA – Gabungan relawan serta simpatisan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) bakal meramaikan hari pelantikan presiden dan wakil presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News