Siapkan Rp 100 M, Rehabilitasi Kelud Rampung Dua Minggu

Siapkan Rp 100 M, Rehabilitasi Kelud Rampung Dua Minggu
Siapkan Rp 100 M, Rehabilitasi Kelud Rampung Dua Minggu

SURABAYA - Seiring dengan terus menurunnya aktivitas vulkanis Gunung Kelud, pemerintah kemarin resmi menurunkan status gunung berapi tersebut dari awas menjadi siaga. Kini pemerintah menyiapkan skema rehabilitasi kawasan terdampak letusan Kelud yang ditarget selesai dalam dua minggu.

 

Hal itu terungkap dalam jumpa pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, kemarin. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Tjahyono, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Surono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Mayjen TNI (pur) Syamsul Ma"arif, serta Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Asma"i.

 

Surono membuka sambutan sekaligus mengumumkan penurunan status Gunung Kelud. "Dari pantauan terakhir pukul 24.00 pada 19 Februari 2014, kami memutuskan pada pukul 11.00 siang tadi (kemarin, Red) status Gunung Kelud diturunkan menjadi siaga," kata pria yang juga dikenal sebagai "pawang gunung berapi Indonesia" tersebut.

 

Penurunan itu berdasar pantauan bahwa aktivitas vulkanis Kelud menurun drastis. Tidak ada gempa vulkanis. Hanya tremor-tremor kecil biasa. Dari hasil observasi, Surono menyimpulkan bahwa jarak aman sudah bisa dikurangi, dari sebelumnya beradius 10 km menjadi 5 km.

 

SURABAYA - Seiring dengan terus menurunnya aktivitas vulkanis Gunung Kelud, pemerintah kemarin resmi menurunkan status gunung berapi tersebut dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News